Parangtritis

Salah satu andalan wisata Jogja, yang memang sudah melegenda. Selain tempatnya yang mudah dijangkau dengan jalur aspal lurus sejauh kurang lebih 30km dari Jogja Kota, Parangtritis juga merupakan pantai pertama di Jogja yang dipublikasikan sampai kancah internasional.

 offroad di pantai parangtritis jogjakartaPantai pasir hitam khas dataran gumukpasir dari muara sungai Opak berpadu dengan eksotisme pemandangan pegunungan kapur di sisi timur membuat Parangtritis mempunyai berbagai titik spot sunset yang layak untuk dilihat. Berbagai event internasional sering digelar, terutama olahraga pantai dan juga event seni budaya. Kesakralan Parangtritis tak lepas dari Parangkusumo, yang sejak jaman Mataram menjadi simbol pertemuan antara Raja Mataram dengan Ratu Kidul.
Terlepas dari itu semua, pantai ini memang merupakan salah satu dari ratusan destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Jogja.

Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak Pemkab Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas daerah lokal.

Di Parangtritis ada juga ATV, kereta kuda & kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat. Selain itu di pantai ini juga merupakan tempat untuk olahraga udara/aeromodeling.

Disini juga terdapat pemandian yang disebut Parangwedang. Konon air di pemandian ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit di antaranya penyakit kulit karena air dari pemandian tersebut mengandung belerang. Air panas dari Parangwedang juga dialirkan ke Pantai Parangtritis untuk bilas setelah bermain pasir dan juga mengairi kolam kecil bermain anak-anak.

Satu baris ke arah barat kita dapat menemukan Pantai Parangkusumo dan Pantai Depok yang terkenal dengan kuliner lautnya. Menyusur terus ke arah barat adalah muara sungai Opak, salah satu dari dua sungai besar yang ada di Jogjakarta. Bersamaan dengan sungai Progo, aliran pasir dari Merapi terbawa ke laut untuk kemudian dihempaskan kembali ke pesisir dan dibantu angin menjadi gundukan-gundukan pegunungan mini yang kita kenal dengan gumuk pasir. Terdapat hampir di sepanjang pantai selatan Jogja ke arah barat hingga Kebumen yang dialiri sungai besar.

Jelajah pesisir selatan serasa tak akan lengkap tanpa eksplorasi adventure di gumuk pasir.