Spot Bukit Paralayang

Salah satu track spot favorit peserta wisata jeep Jogja, yakni Puncak Bukit Paralayang Watu Gupit. Puncak Bukit Paralayang berada di ujung atas pantai timur Bantul, tepatnya diatas Pantai Parangendog sebelah Pantai Parangtritis. Dari tempat parkir, peserta harus menaiki tangga untuk dapat menuju puncak, berjarak sekitar 50m.

Cukup melelahkan, namun segera terbayar begitu melihat view Puncak Bukit Paralayang. Pemandangan di samping kiri merupakan gugusan tebing karang menjulang berpadu dengan putih buih ombak lautan. Tepat di bawah adalah Pantai Parangendog, pantai berpasir yang bertemu dengan susunan karang.

Bergeser pandangan sedikit ke kanan, terlihat Pantai Parangtritis berjajar segaris Pantai Parangkusumo, Pantai Pelangi, Gumukpasir Parangkusumo, Pantai Depok, muara sungai Opak hingga menara mercusuar Pandansari terlihat kecil di kejauhan. Seluruh jalur track setelah Puncak Bukit Paralayang terpapar di depan mata. Bayangan akan menantangnya medan pasir setelah track pegunungan sudah menunggu untuk segera dilalui.

Penamaan Bukit Paralayang karena memang bukit ini menjadi tempat olahraga Paralayang diselenggarakan. Posisi di ketinggian berpadu dengan luasnya lautan Samudra Hindia memang sesuai untuk melakukan olahraga paralayang, gantole, atau semacamnya.

Tak sedikit pula pengunjung yang datang kesini hanya untuk menikmati pemandangan yang disuguhkan di tempat ini.

Ketinggian bukit ini kurang lebih 350Mdpl. Peserta jip wisata dapat menikmati keindahan garis Pantai Parangtritis yang bertemu langsung dengan luasnya Laut Selatan.

Puncak Bukit Paralayang awalnya hanya merupakan perbukitan biasa. Kemudian pada tahun 1991 dibuat landasan beton pertama untuk fasilitas olahraga paralayang. Lalu dilanjutkan membuat fasilitas pendukung seperti pendopo joglo, tangga, serta area parkir sekitar tahun 1998.

Tidak setiap hari, olahraga paralayang hanya dilakukan pada bulan Desember-Februari ketika cuaca cerah dan angin bertiup cukup stabil. Meski begitu, tak ada jadwal tetap untuk melakukan aktifitas paralayang, hal ini sangat berkaitan dengan keadaan cuaca terutama angin demi keselamatan.

Dapat dijangkau dari Kota Yogyakarta melalui Jalan Parangtritis sampai melewati kawasan Pantai Parangtritis terus ke arah Wonosari. Persimpangan pertama atau pertigaan Girisubo ambil kanan menuju Bukit Paralayang Watu Gupit. Pengunjung akan melewati jalanan ynag cukup menanjak dan curam sehingga disarankan untuk menggunakan kendaraan dengan penggerak ganda seperti jip wisata Jogja Gumukpasir Offroad.