Paket Wisata Pantai di Goa Cemara Jogja

Salah satu hal yang sayang dilewatkan ketika Anda berkunjung ke Jogja, Paket Wisata Pantai di GoaCemara Jogja. Menelusuri kehidupan lokal yang penuh dengan nuansa alam. Mengupas bagaimana warga berbicara dengan alam sebagai sumber kelangsungannya.

Patihan adalah dusun di ujung pesisir Jogja selatan, kampung dengan seribu cerita dan sejuta nuansa. Pola hidup keseharian yang menyatu dengan alam, sehingga bagi orang luar serasa seperti sekumpulan kisah petualangan.

Di wilayah Jogja Selatan, Patihan adalah senandung, yang tercipta dari bait-bait tradisi penghidupan. Petani, nelayan, pemburu, dan pedagang. Yang kesemuanya menyatu secara ritmik, sistematik, menggerakkan roda ekonomi dengan bekerja sama secara apik. Unik, mengolah sumber daya fisik, mempersolek hamparan hingga menjadi kampung wisata nan cantik.

Paket Wisata Pantai Jogja di Goa Cemara Patihan

Pun ketika Patihan berkembang, kearifan lokal tetap menjadi sesuatu yang tak terlupakan. Pesisir selatan yang gersang dan jauh dari perkotaan mengajarkan mereka. Survive dengan cara tradisional dengan tetap melebur menjaga kelestarian alam.

paket wisata pantai jogja
Pemandangan di Pesisir Pantai Jogja

Kehidupan perkampungan yang penuh nuansa sosial menjadi menarik untuk digali, dikemas dalam sebuah paket wisata petualangan.
Bentang alam Patihan secara geografis mempunyai beberapa tipikal unik.

Wilayah perkampungan tempat tinggal penduduk dengan daratan tanah liat di sisi utara. Wilayah ‘ndeso’ Patihan meskipun lebih padat namun tetap menyisakan hamparan kebon dan persawahan.

Tegalan, daerah dengan daratan pasir dan sudah diolah menjadi lahan. Kebanyakan lahan pertanian kering dengan sistem tanam musiman atau dengan bantuan pengairan buatan. Pada wilayah lebih rendah, terdapat persawahan dan rawa dengan sungai-sungai kecil yang membagi.

Wisata Adventure

Yang menarik disini adalah Ngembak, rawa yang ditumbuhi rerumputan dan karena sudah lama membentuk daratan. Akar rumput menyatu saling berkaitan sehingga sangat kuat untuk dipijak bahkan menggunakan kendaraan diatasnya.

Pada bagian tertentu yang belum terlalu kuat, dataran akan bergelombang, lentur, menimbulkan sensasi seperti kita berjalan di atas hamparan spon.

Hamparan rumput di Ngembak ini oleh warga dimanfaatkan untuk lahan pengaritan, lahan rumput sumber pakan ternak.

Daerah rendah ini terletak diantara perkampungan dan pesisir, menguasai hampir sepertiga wilayah dusun Patihan.

Cocok untuk spot mancing, dengan debit ikan dari Ngembak, danau Penggik, dan juga Embung Bulak Buntung.

Kali kecil disini juga terhubung langsung dengan area persawahan serta Muara Progo secara langsung.

Nlajak

Sistem pencarian ikan dengan pancing berjumlah banyak. Pancing tradisional sederhana dari bambu dengan tali kail dari nylon atau senar kuat. Dipasang berjajar di rawa atau tepian sawah, dengan jumlah puluhan bahkan ratusan.
Pancing dipanjar beberapa puluh menit, untuk kemudian diambil kembali ketika umpan sudah dimakan ikan.

Golek Gemak

Berburu burung puyuh liar yang memang banyak populasinya di pesisir selatan. Habitat gemak atau puyuh liar memang di kawasan gumuk pasir dan lahan pertanian. Gemak banyak ditemukan di lahan pertanian warga karena memang memangsa biji-bijian pertanian. Bersembunyi di balik semak dan perdu atau sekedar gundukan pasir. Perburuan dilakukan malam hari dengan senter penerangan dan jaring seser untuk menangkap. Menguji adrenalin pada saat penangkapan secara manual tradisional. Melatih kejelian karena memang hanya dilakukan pada saat malam.

Bertani Ubi Pantai

Hasil pertanian lokal terbanyak dari dusun Patihan dan sekitarnya adalah ubi madu. Ubi manis khas pantai mempunyai keunikan rasa yang berbeda dibanding dengan hasil dari daerah lain. Tanah pasir tandus membutuhkan tata cara bercocok tanam yang penuh nuansa kearifan lokal.

Tanah kering ini pula yang membuat ubi pasir mempunyai kandungan glukosa berlebih. Tekstur matang terutama ketika di oven atau pada ubi bakar menjadi pera, tidak lembek.

Membakar ubi menjadi aktifitas yang umum dikala anak pantai Patihan sedang Nlajak atau golek Gemak.

Selain wisata khusus yang menonjolkan lokalitas pantai, masih banyak yang bisa dilakukan di Goa Cemara.

Aneka kegiatan adventure dipadu dengan paket gathering ataupun outbound di Pantai Goa Cemara.

Outing dan Community Gathering di Paket Wisata Pantai

Pantai Goa Cemara mempunyai keunggulan diantara obyek wisata lain di Jogja yakni luasan area dan sejuk tak terbatas waktu. Akses mudah terhubung secara langsung dengan jalur lintas selatan, datar dan lebar.

Puluhan bus pariwisata berukuran besar bisa dengan mudah tertata disini. Kereta wisata hingga mobil pribadi, motor maupun kendaraan lain mampu tertampung dengan lapang.
Tak heran jika Goa Cemara menjadi pilihan Paket Wisata Pantai Jogja. Acara komunitas seperti kopdar, gathering nasional atau gatnas, hingga pertemuan akbar lain.
Event komunitas di Pantai Goa Cemara memungkinkan untuk dipadu dengan bermacam-macam isian acara. Paket wisata pantai Jogja dikombinasikan sesuai selera pengunjung. Disesuaikan dengan tema, peserta, kebutuhan dan durasi waktu kunjungan.

Outbound

Kegiatan outbound berada di kawasan Wisata Pantai Goa Cemara. Area yang rindang oleh jajaran pohon Cemara Udang memungkinkan untuk lokasi outbound sepanjang waktu, meski siang hari terik sekalipun.
Luasan area tak terbatas, terbagi menjadi beberapa blok sehingga memungkinkan lebih dari lima kelompok outbound secara bersamaan setiap harinya.

Fasilitas komplit bernaung di dalam Kawasan Wisata Pantai Goa Cemara. Meliputi area parkir, tempat ibadah, MCK, aula umum, public area dan lain-lain.

Garden Party

Mengadakan pesta outdoor dibawah teduhnya pohon cemara, dengan tetap bisa menikmati suasana pantainya. Santapan lezat khas restoran Goa Cemara, penyajian prasmanan di atas pasir dengan dekorasi alam. Acara party keluarga kecil-kecilan beberapa orang.  Hingga pesta pernikahan outdoor wedding yang sedang tren di kalangan muda zaman sekarang.

Susur Pantai

Menjelajahi keragaman sumber daya pantai, menemukan hal-hal menarik yang tidak akan ditemui di tempat lain. Habitat gumuk pasir serta pesisir pantai selatan yang unik dan tiada duanya. Mempelajari hal baru sembari menikmati keindahan alam Goa Cemara beserta kehidupan orang-orangnya.

Contoh games pada susur pantai:

Peserta diberi clue lisan. Arahan mencari teks tersembunyi berisi text challenge.

Text Challenge berisi tantangan locality photography. Peserta diharapkan mempunyai pengetahuan flora, fauna, dan kearifan local Goa Cemara. Hal-hal yang tidak pernah ditemui atau asing mengharuskan peserta untuk Googling, dan atau bertanya dengan penduduk/pengunjung di lokasi wisata. Setiap foto disertai salah satu anggota group di dalam frame untuk bukti.

  1. Memotret Bunga Spinifex
  2. Mencari Bunga Lantana
  3. Memotret Geleteng Pasir ( Jingking )
  4. Berfoto dengan pengunjung dengan pakaian tertentu.
  5. Memotret nama group yang dituliskan di pasir pantai.
  6. Mengumpulkan 10 biji pohon Casuarina.
  7. Mengumpulkan 10 buah sampah plastik.
  8. Berfoto diatas kapal jungkung nelayan di pinggiran pantai.
  9. Berfoto dengan pohon Widuri.
  10. Wefie dengan salah satu petugas parkir dengan 3 pose imut.
  11. Merekam Yel dan jargon komunitas yang dinyanyikan keras.

 Gowes Goa Cemara

Naik sepeda menyusuri Kawasan Wisata Pantai Goa Cemara, dengan berbagai tantangan yang telah diberikan pemandu.

Alat : Handphone Android dengan GMaps

Masing-masing kelompok diberi petunjuk tertulis, untuk menuju ke pos berikutnya. Peserta harus menambahkan foto ulasan pada tagging GMaps yang ada di petunjuk, disertai arahan untuk mencari clue selanjutnya.

Misalnya :

Petunjuk I, memberi ulasan foto pada spot Taman Kayu. Diikuti petunjuk selanjutnya ada di dalam ember biru pada ujung lorong taman kayu.

Pada petunjuk II di Taman Kayu, peserta harus memberi ulasan foto di Taman Penyu. Petunjuk selanjutnya ada di atas pohon ketapang di Taman Penyu. Begitu seterusnya..

Terakhir semua clue mengarah pada pos Penanaman Cemara Udang. Peserta harus menyelesaikan tantangan menanam Cemara Udang.

Konservasi Penyu

Pelepasan Penyu
Pelepasan Penyu di Pantai Selatan

Balai Konservasi Penyu Goa Cemara masuk dalam kawasan wisata Pantai Goa Cemara. Menjadi salah satu kawasan penyelamatan satwa yang memang sudah sangat langka.

Selain rimbunan cemara udang, pantai dan gumuk pasir, penyu merupakan daya tarik tersendiri dari paket wisata Pantai Goa Cemara yang tidak dimiliki destinasi wisata lain di Jogjakarta.
Khususnya penyu hijau, konservasi penyu yang diprakarsai Kelompok Tani Nelayan Mino Raharjo bahkan merupakan salah satu tonggak yang tidak bisa lepas dari sejarah terbentuknya Kawasan Wisata Pantai Goa Cemara.

 

 

Konservasi Cemara

konservasi cemara
Penanaman Cemara Udang di Pantai Goa Cemara

Penanaman pohon cemara udang secara simbolik atau massal dipandu oleh PokTani. Peserta paket wisata pantai  melakukan penanaman pada lahan yang telah disediakan.

Persiapan pemupukan, pengairan dan proses penanaman di dokumentasikan. Untuk seterusnya perawatan dan pemeliharaan diserahkan kepada Kelompok Tani Goa Cemara, Tani Raharjo.

 

 

 

Panggung kesenian

Terdapat 3 panggung besar termasuk pendopo kesenian, beberapa aula dan gasebo untuk panggung kesenian. Acara komunitas di Pantai Goa Cemara bisa diisi dengan berbagai macam suguhan musik, tari, maupun show event yang lain. Panggung bisa juga diletakkan di area kebon cemara. Terdapat beberapa spot foto dan gundukan gumuk pasir yang juga bisa dimanfaatkan untuk acara paket wisata pantai.

Jip Wisata

Jip wisata akhir-akhir ini menjadi trend kunjungan pariwisata Jogja. Salah satu produk paket wisata pantai Gumuk Pasir adalah wisata offroad jelajah pesisir.  Berkendara melewati jajaran gumuk pasir pantai selatan dengan kendaraan jip wisata 4×4. Sembari sesekali berhenti di spot-spot yang asyik untuk berfoto ria bersama keluarga atau teman dekat Anda.

jip wisata Jogja
Jip Wisata Melalui Track Gumuk Pasir

Menikmati hembusan udara pantai sambil memandang ombak, atau berlama-lama dibawah teduhnya pohon cemara ketika melewati rerimbunan.

Menjelajah tempat-tempat indah yang tidak bisa dilewati oleh kendaraan biasa. Melihat pantai dan segala isinya dari sisi lain yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya. Sebagai oleh-oleh perjalanan Anda dan keluarga di Jogjakarta.

Leave reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *