Pandansari

Pantai Pandansari masuk dalam wilayah Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Pada
awalnya Pandan Sari merupakan sebutan dari warga sekitar untuk wilayah pertanian warga di pinggiran
pantai. Masuk dalam blok paling selatan yang saat ini dibuka sebagai tempat tujuan wisata. 

Area ini masuk dalam perbatasan antara Dusun Patihan dan Dusun Wonoroto, Gadingsari.

Rute Pantai Pandansari

Termasuk pantai dengan segala kemudahan jangkauan, terkait dengan Jalur Lintas Selatan Jogja dan jalur ke Mercusuar. Pengunjung bisa melihat pemandangan langsung dari tepi jalan utama.

Merupakan pantai landai yang bisa diakses kendaraan apapun sampai ke bibir pantai. Mudah dicapai karena jalur terluar aspal menjangkau sampai di bibir pantai. Di ujung jalur ini juga terdapat Mercusuar Pandansari.

Spot Foto Pandansari

Ada banyak foto spot yang bisa dijelajahi disini antara lain Kebun Buah Naga, Menara
Mercusuar, dan Embung Bulak Buntung serta beberapa spot selain pantai itu sendiri.

pandansari di kejauhan
Mercusuar Pandansari Terlihat Gagah di Kejauhan

Beberapa kekurangan namun pastinya akan segera diatasi oleh pengelola adalah dengan terbatasnya lahan parkir untuk kendaraan besar. Juga kurangnya jumlah warung atau rumah makan yang menyediakan makanan berat.

Pengunjung bisa mendapatkan alternatif di Pantai Goa Cemara yang notabene masih dalam satu kawasan, berbatasan langsung dengan area ini.

Dengan jarak kurang dari 200 meter, pengunjung bisa menjadikan satu paket tujuan wisata dengan Pantai Goa Cemara. Bisa juga dipadu dengan jajaran pantai lainnya di sekitaran Pandansari.
Jika Anda mencari pantai sepi di Bantul Jogja, beberapa wilayah di pantai ini benar-benar belum tersentuh. Area luas yang masih virgin membuat pantai ini prospektif sebagai tempat tujuan wisata dengan
fasilitas pendukung yang sudah ada. 

Mitos Pantai Pandansari

Mitos yang melegenda berawal dari cerita Nyai Pithisari, orang pertama yang tinggal di daerah ini. Tak heran jika area ini juga dikenal dengan sebutan Kepithen, atau Ngaglik Pithisari. Yang di banyak tempat ditumbuhi pohon pandan nan subur hingga saat ini. Cerita legenda Pandansari lekat di masyarakat sekitar sebagai runutan sejarah asal mula daerah ini.

Terlepas dari mitos atau fakta, pantai ini sangat layak untuk Anda yang hobi fotografi dan sedang berburu foto pantai di Jogja. Ada baiknya Anda menggunakan kendaraan jip wisata, karena beberapa spot unik kawasan ini tergolong mempunyai medan virgin dari hamparan gumuk pasir.