Wisata Jip Jogja – PD BPR BKK Temanggung

Tamu wisata jip Jogja kali ini dari PD BPR BKK Temanggung. One day trip di Jogja diawali dengan kunjungan ke Tebing Breksi. Kunjungan one day trip PD BPR BKK Temanggung diikuti oleh 14 peserta untuk sesi pertama.

Di Tebing Breksi menikmati keindahan alam sampai sekitar jam 9.30 WIB, untuk kemudian meluncur ke arah pantai menggunakan 1 armada minibus.

Meet Point Wisata Jip Jogja

Bertemu di meet point Jip Wisata Jogja jam 11.00 WIB di RM Yu Sum Jl Parangtritis. Peserta beristirahat sebentar menikmati snack dan mempersiapkan diri mengikuti jip tour.

Track Goa Jepang dan Spot Puncak Bukit Paralayang

Tour jip wisata Jogja dimulai, menggunakan 5 armada 4×4 wisata jip Jogja. Spot pertama yang dituju adalah Bukit Paralayang Watu Gupit. Melalui track jembatan Kretek, mengambil arah tanjakan Jl Goa Jepang. Tanjakan ini beraspal sedang dengan kemiringan hampir 50 derajat. Cukup terjal dan agak susah dilalui tanpa menggunakan kendaraan dengan gearbox low seperti Jimny atau Katana dengan penggerak ganda.

Tanjakan aspal selesai di Goa Jepang, track dilanjutkan dengan jalan tanah berbatu khas pegunungan kidul. Melewati Mudal, Tugu Jaran, hingga akhirnya masuk ke pelataran spot Puncak Paralayang. Track ini memakan waktu efektif 45 menit.

Puncak Bukit Paralayang berada di ujung atas pantai timur Bantul, tepatnya diatas Pantai Parangendog sebelah Pantai Parangtritis. Dari tempat parkir, peserta harus menaiki tangga untuk dapat menuju puncak, berjarak sekitar 50m.

Cukup melelahkan, namun segera terbayar begitu melihat view Puncak Bukit Paralayang. Pemandangan di samping kiri merupakan gugusan tebing karang menjulang berpadu dengan putih buih ombak lautan. Tepat di bawah adalah Pantai Parangendog, pantai berpasir yang bertemu dengan susunan karang.

Bergeser pandangan sedikit ke kanan, terlihat Pantai Parangtritis berjajar segaris Pantai Parangkusumo, Pantai Pelangi, Gumukpasir Parangkusumo, Pantai Depok, muara sungai Opak hingga menara mercusuar Pandansari terlihat kecil di kejauhan. Seluruh jalur track setelah Puncak Bukit Paralayang terpapar di depan mata. Bayangan akan menantangnya medan pasir setelah track pegunungan sudah menunggu untuk segera dilalui.

Wisata Jip Jogja di Spot Parangendog dan Parangtritis

spot parangendog di wisata jip jogjaPuas berfoto di Puncak Bukit Paralayang yang juga berarti bahwa track pegunungan selesai, jip tour selanjutnya menuju track pesisir. Destinasi spot pertama dari track pesisir adalah Pantai Parangendog.

Ujung timur pesisir pasir Jogja selatan yang juga merupakan batas dengan pantai karang dari patahan yang membentuk pegunungan kidul.

Pantai ini masuk dalam wilayah kabupaten Gunungkidul, meski letaknya sangat dekat dengan Pantai Parangtritis. Pemandangan nan eksotis perpaduan tebing batu kapur di sebelah timur, pantai karang, dan hamparan pesisir pasir yang sangat landai di sebelah barat.

Parangendog menjadi salah satu tempat yang wajib disinggahi dalam tour wisata jip Jogja. Selain karena eksotisme tempatnya, memang spot ini hanya bisa dijangkau dengan kendaraan khusus untuk medan berat seperti jeep wisata, ATV, ataupun kendaraan adventure lainnya.

Jadi bisa dipastikan jika Anda berwisata reguler menggunakan kendaraan biasa tak akan mungkin bisa melihat indahnya tempat ini kecuali melanjutkannya dengan berjalan kaki dari Pantai Parangtritis.

Paket wisata jeep Jogja PD BPR BKK Temanggung dilanjutkan ke spot berikutnya di Pantai Parangtritis. Tentu semua sudah tahu, destinasi legend ini memang salah satu tempat wajib jika Anda berwisata ke Jogja. Banyak spot foto dan fasilitas di pantai ini karena memang sudah ramai pengunjung sejak dulu kala.

Tak hanya dikalangan domestik, Pantai Parangtritis sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara. Tak heran jika kita pasti mendapati turis asing yang berkunjung di pantai ini.

Perjalanan via Gumuk Pasir

Setelah puas berfoto di Parangtritis, perjalanan dilanjutkan ke arah Laguna Depok melalui jalur Parangkusumo dan Gumukpasir. Banyak sekali spot di area ini karena memang beberapa destinasi terhubung satu dengan yang lainnya.

Untuk sekedar observasi ringan dan berfoto, waktu berhenti bisa memakan durasi setengah hingga satu jam. Namun untuk berkegiatan, kami rasa tak akan ada habisnya karena setiap tempat menyuguhkan atraksi yang berbeda.

Di gumuk pasir Parangkusumo misalnya, peserta bisa melakukan sandboarding dengan biaya tambahan 100rb per board. Bisa bergantian dengan durasi tak terbatas, mengingat banyak energi terkuras untuk aktifitas ini jika dilakukan tanpa istirahat.

Sandboarding sendiri menggunakan papan yang mirip denga skateboard namun tanpa roda. Diluncurkan diatas gundukan gumuk pasir dengan ketinggian antara 1 sampai 15 m. Cukup menantang memang, namun menguras tenaga ketika kita harus berjalan kembali dari titik bawah seluncur ke puncak gundukan gumuk pasir.

Kapal Jungkung Laguna Depok

 

wisata jip Jogja Setibanya di Laguna Depok, peserta beristirahat sejenak menikmati suasana muara sungai Opak. Mobil-mobil offroad juga perlu mendinginkan mesin setelah perjalanan panjang di track pasir.

Track pesisir memang menguras power mesin dan mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi, bahkan di kalangan driver offroad sekalipun. Mobil dengan torsi yang terlalu besar pun akan kesulitan melewati track pasir ketika driver tidak mempunyai pengalaman mengatur pedal gas.

Laguna Depok menyuguhkan berbagai macam atraksi menarik, dan mulai dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang memadai. Salah satu atraksi yang juga murah meriah adalah adanya wisata air perahu naga.

Kapal wisata dengan bentuk menarik berhias motif naga untuk menyusuri perairan laguna hingga ke ujung pesisir ataupun kawasan hutan mangrove Baros.

Tarif perahu naga Laguna Depok cukup enteng di kantong, yakni mulai dari 10.000 rupiah, untuk minimal 10 pengunjung.

Cukup murah mengingat jalur dan pemandangan yang didapat, apalagi untuk Anda yang hobi fotografi dan sedang berburu sunset perairan. Untuk Anda pecinta citra, tempat ini seperti surga. Pertemuan antara sungai Opak dan samudra Hindia ini memang seperti tak henti-hentinya melepaskan slide citra nuansa lanskap yang berubah dari menit ke menit sampai senja tiba.

Finish track di Pantai Goa Cemara

Puas naik kapal jungkung di laguna, perjalanan dilanjutkan menuju arah Pantai Goa Cemara. Track ini harus melewati aspal memutar melalui jembatan Kretek, mengingat sungai Opak sangat dalam dan lebar.

Spot yang dilalui dari laguna hingga Pantai Goa Cemara antara lain Hutan Mangrove Baros, spot kebun bunga, Pandansari dan lain-lain. Dari track aspal, pedesaan, hingga track pesisir serta rimbunan hutan cemara dilewati.

Trip jeep wisata Jogja PD BPR BKK Temanggung berakhir di Pantai Goa Cemara. Beristirahat sejenak menunggu ikan bakar matang sambil menikmati teduhnya suasana. Membersihkan diri untuk persiapan menuju armada hingga nanti pulang kembali menuju Temanggung setelah istirahat, sholat, makan dan jalan-jalan di Pantai Goa Cemara.

Sekilas mengenai PD BPR BKK Temanggung

adalah sebuah bank mitra usaha terpercaya masyarakat Temanggung.

V I S I

Bank yang sehat, unggul dan menjadi pilihan, adapun maksud dan tujuannya antara lain :

1. SEHAT

PD BPR BKK Temanggung harus sehat dari sisi keuangannya yang tercermin dari faktor Capital, Asset, Management, Earning, Liquidity dan sehat dari sisi pengelolaannya yang tercermin dari adanya sikap perilakunya yang profesional dan tidak menyimpang dengan ketentuan yang berlaku, dengan motto “BPR yang sehat merupakan segalanya”.

2. UNGGUL

Harus menjadi yang paling unggul dalam peningkatan SDM, Pemanfaatan Teknologi Informasi (TI), mempunyai produk yang beragam sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan sarana prasarananya memadai, dengan motto “Terdepan dalam kelasnya”.

3. MENJADI PILIHAN

PD BPR BKK Temanggung harus dapat menjadi pilihan bagi nasabah, masyarakat dan mitra kerjanya, yaitu menjadi BPR utama dalam setiap melakukan transaksi keuangannya dengan motto “Apabila menjadi pilihan pasti dapat menjadi besar dan dipercaya”.

 

M I S I

  1. Menjadi salah satu lembaga penggerak ekonomi rakyat dengan menyediakan modal usaha bagi UMKM.
  2. Memberikan keuntungan dan manfaat yang optimal bagi pemangku kepentingan (Stakeholders).
  3. Memberikan pelayanan prima yang didukung oleh SDM yang berkualitas.
  4. Memerangi praktek rentenir dan pengijon di masyarakat.

Akhir kata, kami dari Gumukpasir Offroad mengucapkan terimakasih kepada teman-teman PD BPR BKK Temanggung, sampai bertemu kembali di lain kunjungan.

Galeri foto dokumentasi wisata jip Jogja 

 

 

Leave reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *