Ngrenehan, Ngobaran, dan Nguyahan – Spot package dalam satu jalur lintasan.

Salah satu destinasi tersembunyi yang tentunya memperkaya khasanah wisata offroad pantai Jogja, tepatnya di  Desa Kanigoro, Kecamatan Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul yakni deretan Pantai Nguyahan, Pantai Ngobaran, dan Pantai Ngrenehan.

wisata offroad pantai jogjaJajaran pantai ini masuk dalam satu jalur Ngrenehan , kurang lebih 28 KM dari kota Wonosari, Gunungkidul. Dari track jalurnya yang naik turun berliku dapat kita tebak bahwa jajaran pantai-pantai ini merupakan gugusan karang yang terangkat dari tektonis lempeng bumi. 

Dan benar saja, baik itu Nguyahan, Ngobaran maupun Ngrenehan memang penuh dengan karang di sepanjang jalurnya. Pasir putih dengan potongan remah karang juga memenuhi hamparan pantai-pantai ini, menjadikan eksotisme eksklusif seperti suasana di pantai-pantai Nusa Tenggara ataupun Indonesia Timur pada umumnya.

 

 

Pantai Ngrenehan merupakan pantai nelayan. Letaknya yang menjorok kedalam membuat pantai ini terlindung dari ombak besar Samudra Hindia. Tebing karang di tanjung kejauhan meredam gelombang laut, sehingga suasana tenang dengan percikan air kecil nan bening cocok untuk dermaga kapal kecil seperti milik para nelayan. Gugusan karang yang membentengi selain memberikan pemandangan yang indah dari berbagai sisi juga membuat pantai ini cenderung aman untuk pengunjung. Sekedar jalan-jalan diatas karang melihat warna-warni ikan maupun biota laut lainnya ataupun berenang dan bahkan snorkelling.

Salah satu keunikan lain terdapat di Pantai Ngobaran. Suasana pantai Bali sangat kental mengingat disini terdapat bangunan pura dan memang seringkali digunakan untuk upacara keagamaan. Hampir seperti Tanah Lot Bali, pemandangan pura dengan view belakang gugusan karang dan buih ombak  di kejauhan.

Sesekali kita bisa menyaksikan penduduk sekitar berburu rumput laut maupun hewan karang. Tak hanya kaum lelaki, perempuan di sekitar pantai Ngobaran sangat pandai dalam perburuan, berjalan diatas karang diiringi debur ombak sambil sesekali menghitung pola gelombang yang akan datang.

Tak jauh dari pantai Ngobaran terdapat pantai Nguyahan. Hampir mirip dengan dua pantai sebelumnya, Nguyahan lebih sering digunakan untuk penjemuran rumput laut hasil dari perburuan penduduk lokal. Sisi lain dua pantai sebelumnya juga sangat indah dilihat dari pantai ini. Dengan kelandaian bibir pantai yang lebih rendah, pengunjung dapat lebih leluasa memanjakan mata melihat warna-warni sekawanan ikan hias disela-sela karang dan rumput laut.

Suasana pantai di gunungkidul memang menjadi keragaman destinasi wisata offroad pantai Jogja yang sayang untuk dilewatkan. Di Ngrenehan, Ngobaran dan Nguyahan kita dapat menemukan berbagai spot dalam satu jalur track, yang mana selain menghemat waktu juga memaksimalkan ragam kunjungan. 

Anda tertantang untuk mencoba?