Goa Cemara

Rute Pantai Goa Cemara  dapat ditempuh melalui beberapa jalur. Dari timur via Jl Parangtritis lanjut JLS, dari arah Semarang melewati kota Jogja via Jl Bantul, ataupun dari Purworejo melewati JLS dan Jl Srandakan.

jip wisata pantai goa cemara
Jip Wisata di Area Parkir GoaCemara

Mitos Pantai Goa Cemara sangat berkaitan dengan sejarah dusun Patihan. Kemunculan kawasan ini sendiri memang atas prakarsa warga. Dinamai Goa Cemara karena pada saat awal pembentukannya ketika pohon-pohon cemara belum terlalu tinggi, dahan dan ranting menyatu membentuk lorong atau terowongan alami dan berjajar menjadi barrier untuk menuju ke pantai. Sehingga pengunjung harus menerobos lorong yang hampir menyerupai labirin untuk bisa menuju ke pantai.

Goa Cemara berhadapan langsung dengan Samudra Hindia, dengan bentukan daratan gumuk pasir dari sungai besar yang mengapitnya. Tak heran jika kontur daratan pasir di pantai ini berupa gundukan-gundukan kecil yang menjadi indah untuk tujuan wisata.

Peta topografis Kawasan Wisata Pantai Goa Cemara berada di bentang gumuk pasir tepat di tengah antara Muara Sungai Opak dan Sungai Progo. Termasuk pantai ekslusif karena memang pantai di bentangan gumuk pasir hanya satu-satunya di Asia dan tak lebih dari hitungan jari di seluruh dunia.

Map Pantai Goa Cemara dapat dilihat di Google, terletak di jajaran pantai yang juga menjadi tujuan wisata. Sebelah timur berbatasan dengan Pantai Pandansari dan sebelah barat berbatasan dengan Pantai Segoro Kidul Cangkring. Tak jauh dari Goa Cemara ada Pantai Baru, Pantai Kuwaru, dan Pantai Pandansimo. Disebelah timur berurut dimulai dari Pantai Pandansari, Samas, Pengklik, mangrove conservations Baros, laguna Depok, Parangkusumo hingga Pantai Parangtritis.

Pantai Goa Cemara

Adalah Kawasan Wisata Terpadu, satu pintu dengan pembagian area yang jelas. Public area memang seperti diutamakan di pantai ini. Jajaran pedagang lokal berpadu dengan ramainya pasar tradisional.

Dengan area cakupan luas meliputi wilayah konservasi penyu hijau, wilayah lahan pertanian, daerah wisata, dan pelestarian hutan cemara.

Jip wisata, pasar tradisional, wisata pantai, outbound, camping ground, ruang pertemuan, atv, wisata offroad gumukpasir, kuliner, dan cinderamata.

Dengan dukungan fasilitas publik yang lengkap dan terus berkembang. Fasilitas publik seperti MCK, kantor sekretariat, kantor keamanan, posko SAR, rumah ibadah, pos kesehatan juga tersedia.

GoaCemara menempati peringkat teratas dalam pelayanan wisata publik, dengan berbagai kelengkapannya.

Homestay atau penginapan sementara masih di dalam wilayah pedesaan, berbaur dengan warga di dusun Patihan. Kedepan pembangunan infrastruktur masih terus berlangsung dan tetap mengutamakan pelayanan publik.