Spinifex, Matahari Laut yang Mempesona

Ri Gulung (spinifex) atau pohon matahari laut adalah tumbuhan perdu yang hanya bisa ditemukan di pesisir terutama pesisir selatan Jogja pada habitat gumuk pasir. Tumbuhan ini ada di sepanjang garis pantai pasir mulai dari Pantai Parangtritis hingga pantai-pantai di Jawa Tengah bagian barat. Dapat kita lihat pada jalur tour jip wisata Gumuk Pasir Offroad.

Spinifex Littoreus merupakan jenis yang ada di wilayah ini. Ekosistem pantai terdiri dari formasi pes-caprae, formasi baringtonia dan formasi hutan mangrove. Gumuk pasir  (sand dunes) terbentuk dari tumpukan pasir-pasir yang tertiup angin. Formasi ini agak serupa dengan formasi pes-caprae, dengan kondisi yang lebih kering dan tutupan vegetasi yang terpencar-pencar. Tanaman ‘Spinifex littoreus’ termasuk sebagai penciri area ini.

Spinifex littoreus termasuk kedalam jenis rumput-rumputan (Poaceae). Untuk penamaan lokal, tanaman gumuk pasir ini sering dijuluki “rumput gulung”, “rumput lari-lari” atau “rumput angin”. Berdasarkan beberapa sumber, tanaman ini juga dikenal dengan beberapa penamaan daerah seperti pada masyarakat Jawa menyebutnya “jantran”, “ketranan” atau “tikusan”. Khusus daerah Jogja selatan, tanaman ini dinamai ri gulung, atau duri yang bergulung-gulung. Dalam bahasa Sunda dikenal sebagai jukut jongkrang dan masyarakat Madura mengenalnya sebagai rebba angin.

spinifex matahari lautTumbuhan rambat ini sangat tahan dengan keadaan tanah pasir tandus dengan intensitas panas yang luar biasa dan terpaan udara dari angin laut dengan kandungan garam yang tinggi.
Daun tebal spinifex berlapis lilin ciri khas tumbuhan gurun membantu pohon matahari laut bertahan dari cuaca dengan suhu panas ekstrem khas pantai pasir pesisir selatan Jogja. Begitu pula dengan bunganya, berbentuk kecil panjang menyerupai sekumpulan duri yang membentuk pola bulatan, seperti landak laut.

Hal ini pula yang membuat pohon ini kita sebut matahari laut. Pola bulatan pada bunga juga membantu bunga matahari laut untuk menyebar, mudah menggelinding jika terkena terpaan angin laut.
Bunga basah spinifex yang notabene sekumpulan duri berongga dengan kadar air sedikit ini jika terbakar akan menimbulkan gemeritik kecil menyerupai suara petasan renteng karena tekanan udara dalam duri meledak secara hampir bersamaan.

Spinifex nan Unik 

Tak hanya itu, bentuk unik dari ri gulung atau spinifex mempesona hingga sering dijadikan background maupun obyek foto yang menunjukkan ciri khas pantai selatan. Bahkan tak sedikit film maupun foto session dengan model terkenal maupun prewedding menggunakan flora laut ini.
Habitat spinifex yang luas menggoda pengunjung pantai untuk memetik sebagai souvenir untuk dibawa pulang ke rumah. Indah memang dan hampir tak ada duanya, meski ketika memetik bunga spinifex kita seringkali tertusuk ujung daun yang meruncing tajam jika tidak berhati-hati.

Tumbuhan ini berbunga sepanjang waktu, namun tetap lebih subur berkembang pada musim penghujan. Dengan background lautan, pohon matahari laut akan sangat indah untuk dijadikan spot foto. Dokumentasi Anda ketika berkunjung ke pantai

Belum ada penelitian secara pasti untuk kegunaan spinifex sebagai obat-obatan herbal. Namun di kalangan pemancing laut, spinifex atau ri gulung sangat tenar digunakan sebagai anti racun.