Outbound Anak SD IT Lukman Al-Hakim

Sekolah Dasar Islam Terpadu Luqman Al Hakim Yogyakarta adalah sekolah dasar yang beralamatka di Umbulharjo, Yogyakarta. Menyelenggarakan pendidikan yang menumbuhkan kesadaran untuk belajar, tertib, disiplin, hemat dan tanggung jawab.

Misi yang lain adalah menyelenggarakan Pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Islami, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIIKEM) dan pembinaan siswa secara intensif untuk meraih prestasi. Menyelenggarakan pembelajaran dan pembiasaan peduli lingkungan

Tema outbound anak SD IT Lukman Al-Hakim adalah eduwisata konservasi. Mengambil destinasi pendidikan di Hutan Mangrove Baros dan Balai Konservasi Penyu Pantai Goa Cemara. Hal ini sesuai visi dari  SD Islam Terpadu Luqman Al Hakim Yogyakarta yaitu “ Terwujudnya Generasi yang Qur’ani, Mandiri, Berprestasi, dan Berbudaya Lingkungan ”.

Outbound Anak SD IT Lukman Al-Hakim

Pagi hari dari SD IT Lukman Al-Hakim menggunakan bus dan beberapa mobil pribadi. Tiba di Kawasan Konservasi Mangrove Baros kurang lebih jam 9.30 pagi.

Hutan Konservasi Mangrove Baros

Anak-anak mendapatkan briefing tentang konservasi alam yang disampaikan oleh Mas Dwi dan kawan-kawan, pegiat ekowisata di Kawasan Konservasi Mangrove Baros.

outbound anak di baros dan pantai goa cemaraBerbasah-basahan anak-anak dengan riang melakukan kegiatan penanaman mangrove.

Kegiatan penanaman ini memang sudah sangat sering diagendakan oleh Team Gumukpasir Outbound bekerja sama dengan Balai Konservasi Mangrove Baros.

Lebih kurang satu jam anak-anak menikmati kegiatan eduwisata meliputi pelatihan, penanaman, dan menjelajah suasana laguna Baros, acara dilanjutkan menuju Kawasan Wisata Pantai Goa Cemara.

Balai Konservasi Penyu Pantai Goa Cemara

Dengan jarak sekitar 3 km, rombongan bus SD IT Lukman Al-Hakim tiba sekitar pukul 10.30 WIB di pendopo area outbound Pantai Goa Cemara.

outbound anak di baros dan pantai goa cemaraCukup lelah beraktifitas di Baros, anak-anak disuguhkan area teduh dibawah rindangnya pohon cemara. Disini anak-anak mendapatkan briefing tentang apa dan bagaimana konservasi penyu di Pantai Goa Cemara.

Pelajaran langka tentang cara mereka bertahan hidup berdampingan dengan kehidupan manusia. Tata cara konservasi hingga pelepasan tukik penyu.

Dalam musim migrasi 2018 Balai Konservasi Penyu Goa Cemara telah melepas liarkan ribuan tukik hasil dari penangkaran. Musim migrasi bermula pada sekitar bulan Mei hingga Oktober di tiap tahunnya.

outbound anak di baros dan pantai goa cemaraMemperkenalkan anak kepada konservasi setidaknya memberikan pendidikan dasar tentang bagaimana seharusnya manusia bekerja berdampingan dengan alam seisinya.

Menjelajahi keragaman sumber daya pantai, menemukan hal-hal menarik yang tidak akan ditemui di tempat lain. Habitat gumuk pasir serta pesisir pantai selatan yang unik dan tiada duanya. Mempelajari hal baru sembari menikmati keindahan alam Goa Cemara beserta kehidupan orang-orangnya.

Flora, fauna dan apapun yang ada, memang disediakan untuk manusia, namun tetap harus berhati-hati dan penuh keseimbangan dalam mengolah dan memanfaatkannya.

Kegiatan pelepasan tukik penyu di pantai Goa Cemara tak hanya memberikan kesenangan dan keceriaan. Akan tetapi juga memberikan kenangan, memori akan betapa pentingnya keseimbangan alam. Kelak ketika mereka melihat lautan, mereka ingat apa dan bagaimana memperlakukan. Samudra Hindia menjadi saksi, bahwa anak-anak ini telah memenuhi kewajiban.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Leave reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *