Lava Tour Merapi Jogja

Lava Tour Merapi adalah paket tour wisata Jogja yang berada di Kawasan lereng Merapi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tour dengan jip wisata ini tenar di kalangan adventurer , selain menyuguhkan pemandangan alam yang indah dari view Merapi dan sekitarnya, tour ini juga mengenalkan pengunjung dengan area disekitar Merapi.

lava tour merapi
Foto di salah satu sabo dam

Kita ketahui bahwa Gunung Merapi  mempunyai ketinggian puncak 2.930 mdpl (per 2010).  Adalah gunung berapi di bagian tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia.

Pada lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang di sisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara.

Sedangkan kawasan hutan di sekitar puncaknya menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sejak tahun 2004, yang tentu saja menjadi sangat menarik untuk dikunjungi. Hutan di lereng Merapi banyak ditumbuhi pinus serta flora khas dataran tinggi.

Tempat ini juga menjadi habitat hewan-hewan seperti monyet, rusa, harimau dan lain sebagainya yang jarang kita temui di kawasan pemukiman.

lava tour merapi
Foto Di Sungai Bekas Aliran Lahar

Merapi  menurut catatan modern mengalami erupsi setiap dua sampai lima tahun sekali dan dikelilingi oleh permukiman yang  padat, terutama wilayah Jogja dan Magelang.

Kurang lebih sejak tahun 1548, gunung ini sudah meletus sebanyak 68 kali. Meski begitu, gunung ini tetap saja menarik untuk dikunjungi karena memang letusannya yang tergolong aktif periodik bisa diprediksi. Letusan ini pula yang membentuk kontur dan view Merapi menjadi berbeda-beda di setiap waktunya.

Kota besar terdekat adalah Kota Magelang dan Kota Yogyakarta, berjarak kurang dari 30 km dari puncaknya. Penduduk di sekitar Merapi sudah sangat paham dengan aktifitas gunung ini, sehingga sigap ketika Merapi mulai meningkatkan gejala letusannya. Daerah yang subur dan udara dingin sangat cocok untuk lahan pertanian sebagai andalan penghidupan.

Di beberapa bagian lerengnya terdapat permukiman penduduk, bahkan sampai ketinggian 1700 m dan hanya berjarak empat kilometer dari puncak, misalnya lereng barat di sekitaran Dukun dan lereng selatan di Cangkringan.

Lava Tour Merapi Jogja

Lava Tour Merapi
Foto di SalahsatuTrack Sungai

Khususnya lava tour merapi, mengenalkan wisatawan akan Gunung Merapi dan alam sekitarnya. Maka dari itu, tak hanya pengunjung yang akan berlibur saja, namun ada juga yang datang untuk kepentingan pendidikan dan penelitian. 

Jogja sebagai tempat tujuan wisata memang mempunyai beragam tempat yang menarik untuk dikunjungi. Dari wisata sejarah, wisata budaya dan edukasi, hingga wisata alam seperti Lava Tour dan Jelajah Pesisir Selatan.

Khususnya wisata alam, Jogja mempunyai kontur geografis yang lengkap, mulai dari gunung dan pegunungan, lembah, hingga pantai dan gumuk pasir. Bentang daratan Jogja sangat menarik dan beragam sehingga seperti tak akan ada habisnya untuk dijelajahi. 

Wisata Jip Pantai

Tour dengan jip wisata Jogja selain dari lava tour merapi bisa juga jelajah pesisir selatan. Yakni tour dengan kendaraan 4×4 menyusuri pengunungan kidul dan pantai selatan Jogja, diantaranya Parangtritis, Parangkusumo, Depok, Gumukpasir, Pengklik, Samas hingga Pantai Goa Cemara.

Menikmati hembusan udara pantai sambil memandang ombak, atau berlama-lama dibawah teduhnya pohon cemara ketika melewati rerimbunan.

Menjelajah tempat-tempat indah yang tidak bisa dilewati oleh kendaraan biasa, melihat pantai dan segala isinya dari sisi lain yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya, sebagai oleh-oleh perjalanan Anda dan keluarga di Jogjakarta.