Amazing Race – Jelajah Pesisir SatPol PP Kota Cirebon

Amazing Race dengan peserta dari SatPol PP Kota Cirebon, start di Kawasan Wisata Pantai Goa Cemara Jogja. Peserta tiba di Pantai Goa Cemara sekitar jam 6.00 pagi, menggunakan satu armada bus. Seluruh rangkaian tour difasilitasi oleh Jampiro Travel Cirebon, bekerja sama dengan Gumukpasir Offroad untuk rangkaian acara pantai Jogja.

amazing race sat pol pp kota cirebonAcara dimulai dengan bersih-bersih, mandi dan sarapan pagi di salah satu resto di Kawasan Wisata Pantai Goa Cemara. Dilanjutkan dengan pengenalan area, observasi seputar Pantai Goa Cemara.

Kurang lebih jam 8.00 pagi, Amazing Race dimulai. Race pertama peserta melakukan kegiatan outbound dengan fasilitator dari Goa Cemara. Beberapa games outbound bersama dan games kelompok bertujuan untuk community building, membangun kekompakan peserta. Hal ini bertujuan agar nantinya peserta lebih solid, kompak, dan menyatu dalam pekerjaan maupun hubungan sehari-hari karena adanya harmonisasi.

Games lain juga bersifat melatih kepemimpinan, kelincahan, ketelitian, dan kecepatan. Tipe permainan dalam fun games outbound biasanya memang kami sesuaikan dengan usia dan tujuan peserta melakukan kegiatan outbound.

coffee breakSelesai outbound dilanjutkan coffee break di area Taman Kayu Pantai Goa Cemara. Menu coffee break dengan makanan hasil bumi lokal dari pertanian warga Goa Cemara.

Berada di bawah rindangnya cemara udang, menikmati suasana sejuk dan santai sembari istirahat menunggu race selanjutnya.

Tamankayu adalah salah satu spot buatan warga Goa Cemara memanfaatkan limbah kayu dari hutan kawasan serta dari laut hasil bawaan gelombang dari kayu sampah yang terdampar. 

Race kedua peserta melakukan observasi wilayah, dengan tantangan photografi challenge. Menggunakan motor, peserta mengunjungi spot dan aneka kegiatan yang ada di Pantai Goa Cemara. Balai Konservasi Penyu Goa Cemara, Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Kebun Bunga Matahari, Kebun Buah Naga dan Mercusuar Pantai Pandansari.

Setelah semua acara di Goa Cemara selesai, peserta melaksanakan race ketiga. Peserta beralih dengan Jip Wisata Offroad, mengunjungi Kawasan Konservasi Mangrove Baros. 

Amazing Race pada race ketiga di Kawasan Konservasi Mangrove Baros, peserta melakukan penanaman mangrove. Terdiri dari beberapa blok konservasi, penanaman mangrove bertujuan untuk menjaga vegetasi muara, melindungi dari abrasi, dan juga sebagai barrier untuk lahan pertanian di atasnya.

Penanaman mangrove di Kawasan Konservasi Mangrove Baros kurang lebih memakan waktu satu jam, mulai dari pengarahan, pemanduan sampai dengan sesi penanaman.

Dari Kawasan Konservasi Mangrove Baros di muara sungai Opak peserta melanjutkan race keempat, menuju Goa Jepang, kawasan pegunungan kidul. Tetap menggunakan jip wisata, perjalanan memakan waktu kurang lebih satu jam. 

Di Goa Jepang peserta melakukan observasi dengan berjalan kaki, mengelilingi wilayah dengan radius kurang lebih 800m. 

Setelah observasi singkat di 16 goa buatan yang ada di Goa Jepang, peserta melanjutkan race berikutnya menuju Bukit Paralayang.  Race kelima di Bukit Paralayang diisi dengan tantangan fotografi, karena memang view disini sangat menawan. Pemandangan Pantai Parangtritis serta hamparan sawah, sungai, dan pesisir yang tadi dilewati terlihat jelas dari spot Bukit Paralayang.

Melanjutkan perjalanan, race keenam menuju Pantai Parangendog. Dari perbukitan yang terjal naik turun langung mendapatkan view hamparan pesisir pantai di ujung timur Parangtritis. Di sisi timur tebing batu menjulang pegunungan kidul. Sisi barat hamparan pesisir pantai seakan tak ada habisnya. 

Race terakhir pada jam terakhir pas dengan sunset menuju Parangkusumo, Gumukpasir, hingga finish di terminal Parangtritis. Closing acara menjelang maghrib, dilanjutkan pelepasan untuk peserta menuju ke hotel di Jogja Kota dengan bus yang siap menjemput.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *