Watu Alien

Berawal salah jalan alias kesasar ketika kami akan mengunjungi salah satu obyek wisata baru di kaki Gunung Merapi. Dengan kondisi jalanan yang lumayan terjal dan menanjak yang notabene sebagai rute Offroad akhirnya kami “terdampar” di suatu tempat yang tidak begitu luas namun begitu dekat dengan Merapi.

Di tempat itu terdapat satu bongkahan batu besar yang permukaannya menyerupai wajah manusia dibagian selatan dan menyerupai wajah singa di bagian utara. Warga setempat menyebutnya Watu Alien (Batu Alien).

Dan ternyata disebut Watu Alien pun hanya plesetan saja. Karena warga lokal awalnya menyebut batu tersebut adalah watu alihan dalam Bahasa Jawa. Yang maksudnya adalah batu tersebut pindahan dari puncak Merapi yang telah terseret hingga Kampung Jambu.

Cukup unik memang, batu sebesar kurang lebih seukuran mobil jeep itu tidak ikut terseret lahar panas beberapa tahun silam. Tetapi malah bertengger di salah satu bibir jurang Kali Gendol. Sehingga menarik perhatian warga dan menjadikannya salah satu spot untuk wisatawan.

Memang letaknya di kaki Gunung Merapi, namun tak perlu khawatir karena disana terdapat beberapa pedagang makanan dan souvenir. Bukan hanya itu, disana juga disediakan bangunan sederhana untuk beribadah. Ketika dirasa puas dalam menikmati gagahnya Gunung Merapi kita bisa melanjutkan perjalanan menuju bunker yang letaknya tidak jauh dari Watu Alien.

Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk melihat keunikan Watu Alien? Luangkan hari libur anda beserta keluarga untuk menikmati indahnya Gunung Merapi dari sisi lain yakni Watu Alien yang berada di Kampung Jambu, Kepuharjo, Cangkringan, Yogyakarta.