Outbound P3MD Wonogiri

outbound p3md wonogiriHari Sabtu 12 Agustus 2017 P3MD Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah melakukan kegiatan outbound P3MD Wonogiri di Pantai Goa Cemara Bantul, Yogyakarta. Kegiatan diikuti oleh kurang lebih 50 peserta dan diisi dengan fun games serta susur pantai.

Secara kebetulan berbarengan dengan kegiatan family gathering dari PT INAN Semarang yang kesemuanya disponsori oleh salah satunya dari Bank Jateng. Acara dimulai sekitar pukul 10.00 WIB dan langsung diisi foto session karena peserta sepertinya tak sabar ingin mengabadikan momen ini di Pantai Goa Cemara.

Menggunakan area outbound di ujung Timur Laut kawasan, acara dimulai dengan perkenalan serta grouping dipandu instruktur Mas Haryo dan Mas Ganda serta dibantu kawan-kawan dari P3MD Wonogiri. Meski bersebelahan dengan pentas family gathering Dolan Jogja, acara malah semakin terlihat meriah diiringi alunan dangdut serta entertainment lainnya. 

 

Kegiatan para Pendamping Profesional P3MD Wonogiri ini selain wisata diharapkan ada point-point khusus yang nantinya semakin meningkatkan kinerja para pendamping kedepannya. 

Sesuai amanat UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa bahwa pelaksanaan kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di desa diperlukan pendampingan untuk memfasilitasi perangkat gampong dan masyarakat, dalam melaksanakan tahapan program/kegiatan sejak tahap sosialisasi, perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan berbagai kegiatan pembangunan wilayah pedesaan.

Secara umum, ada 13 tugas pokok Tenaga Pendamping Profesional dalam melakukan tugasnya di wilayah kerja masing-masing. Berikut poin-poinnya:

1. Memfasilitasi penetapan dan pengelolaan kewenangan lokal berskala desa dan kewenangan desa berdasarkan hak asal-usul.

2. Memfasilitasi penyusunan dan penetapan peraturan desa yang disusun secara partisipatif dan demokratis.

3. Memfasilitasi pengembangan kapasitas para pemimpin desa untuk mewujudkan kepemimpinan desa yang visioner, demokratis dan berpihak pada kepentingan masyarakat desa.

4. Memfasilitasi demokratisasi desa

5. Memfasilitasi kaderisasi desa

6. Memfasilitasi pembentukan dan pengembangan lembaga kemasyarakatan desa

7. Memfasilitasi pembentukan dan pengembangan pusat kemasyarakatan di desa atau antardesa

8. Memfasilitasi ketahanan masyarakat desa melalui penguatan kewarganegaraan, serta pelatihan dan advokasi hukum

9. Memfasilitasi desa mandiri yang berdaya sebagai subyek pembangunan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan desa yang dilaksanakan secara partisipatif, transparan dan akuntabel

10. Memfasilitasi kegiatan membangun desa yang dilaksanakan oleh supradesa secara partisipatif, transparan dan akuntabel

11. Memfasilitasi pembentukan dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa

12. Memfasilitasi pembentukan dan pengembangan kerja sama desa dengan pihak ketiga

13. Memfasilitasi pembentukan serta pengembangan jaringan sosial dan kemitraan dan tugas lainnya mengisi ruang-ruang kosong di antara pemerintah dan masyarakat.

Secara lebih rinci, tugas Pendamping Desa dan Pendamping Profesional Desa memiliki SOP Pendamping Desa dan Panduan Teknis lainnya.

Outbound P3MD Wonogiri yang memang ditujukan untuk memperkuat kekompakan, balance, koordinasi, keterampilan dan lain-lain memang merupakan salah satu sarana refreshing yang selain menghibur juga mendidik. Diharapkan melalui permainan ringan peserta mendapatkan nilai positif dan tak lupa pula semakin dekat dengan alam, dimana keahlian dan dedikasi mereka nantinya akan dibutuhkan.