Goa Cemara, Pantai Keluarga

Tak berlebihan rasanya jika kita bicara Pantai Goa Cemara sebagai tempat yang cocok untuk wisata keluarga. Karena dilihat perbandingannya dengan beberapa obyek pantai yang lain, pantai ini mempunyai beberapa keunggulan. Terutama yang berkaitan dengan area kelompok, komunitas, klub, ataupun keluarga.

Kawasan ini  masuk dalam wilayah dusun Patihan, desa  Gadingsari, kecamatan Sanden, kabupaten Bantul, propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Menjadi unggulan obyek wisata di Yogyakarta, sejajar dengan Parangtritis yang memang sudah lama ada.  Pantai ini terus dibangun dan berkembang menyesuaikan kapasitas jumlah kunjungan yang memang grafiknya terus meningkat sepanjang waktu.

Kapasitas parkir sebagai penunjang utama terus dilebarkan dari waktu ke waktu. Pembukaan area publik juga masih berlangsung hingga kini.

Meskipun termasuk salah satu pantai baru di Jogja, pantai ini menjadi primadona baru pariwisata. PokDarWis Goa Cemara sebagai pengelola selalu berbenah untuk menjadi lebih baik. Baik itu secara internal kepengurusan dan manajemen, maupun dalam pelayanan wisata.

Rute Pantai Goa Cemara

Terletak di lintasan Jalur Pantai Selatan yang notabene akan digunakan untuk jalur lintas Jawa, dapat diakses dengan mudah dari tiga arah daerah berbatasan.

Rute Pantai Goa Cemara  dapat ditempuh melalui beberapa jalur. Dari timur via Jl Parangtritis lanjut JLS, dari arah Semarang melewati kota Jogja via Jl Bantul, ataupun dari Purworejo melewati JLS dan Jl Srandakan.

Mitos Pantai Goa Cemara

Mitos Pantai Goa Cemara sangat berkaitan dengan sejarah dusun Patihan. Kemunculan Goa Cemara sendiri memang atas prakarsa warga. Dinamai Goa Cemara karena pada saat awal pembentukannya ketika pohon-pohon cemara belum terlalu tinggi, dahan dan ranting menyatu.

Membentuk lorong atau terowongan alami dan berjajar menjadi barrier untuk menuju ke pantai. Sehingga pengunjung harus menerobos lorong yang hampir menyerupai labirin untuk bisa menuju ke pantai.

Kondisi Geografis

Goa Cemara berhadapan langsung dengan Samudra Hindia, dengan bentukan daratan gumuk pasir dari sungai besar yang mengapitnya. Tak heran jika kontur daratan pasir di pantai ini berupa gundukan-gundukan kecil yang menjadi indah untuk tujuan wisata.
pantai goa cemaraPeta topografis Kawasan Wisata Pantai Goa Cemara berada di bentang gumuk pasir tepat di tengah antara Muara Sungai Opak dan Sungai Progo. Termasuk pantai ekslusif karena memang pantai di bentangan gumuk pasir hanya satu-satunya di Asia dan tak lebih dari hitungan jari di seluruh dunia.

Map Pantai Goa Cemara dapat dilihat di Google, terletak di jajaran pantai yang juga menjadi tujuan wisata. Sebelah timur berbatasan dengan Pantai Pandansari dan sebelah barat berbatasan dengan Pantai Segoro Kidul Cangkring. Tak jauh dari Goa Cemara ada Pantai Baru, Pantai Kuwaru, dan Pantai Pandansimo. Disebelah timur berurut dimulai dari Pantai Pandansari, Samas, Pengklik, mangrove conservations Baros, laguna Depok, Parangkusumo hingga Pantai Parangtritis.

Konservasi Penyu Goa Cemara

Pantai tropis berpasir ini pula yang menjadikan kawasan ini secara periodik menjadi tempat bertelurnya penyu hijau, salah satu daya tarik Kawasan Wisata Pantai Goa Cemara yang tidak dimiliki destinasi wisata lainnya. Diprakarsai kelompok tani nelayan Mino Raharjo, balai konservasi penyu didirikan untuk mendukung kelestarian populasi, sehingga penyu menjadi ikonik di Goa Cemara sampai saat ini.

Bangunan balai konservasi di sebelah barat sekretariat Goa Cemara bertudung patung penyu yang sangat besar. Ditambah dengan Taman Penyu sebagai ikon utama Kawasan Wisata Pantai Goa Cemara yang berada di depan area parkir semakin menguatkan keistimewaan penyu hijau di mata warga Goa Cemara.

Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan penyu hijau di Balai Konservasi serta bisa ikut berpartisipasi melepas tukik penyu hijau ke laut lepas jika musim tetas sudah tiba. Program edukasi langsung juga disediakan dengan pemandu dari teman-teman anggota konservasi penyu.

Fasilitas Penunjang

Adalah Kawasan Wisata Terpadu, satu pintu dengan pembagian area yang jelas. Public area memang seperti diutamakan di pantai ini. Jajaran pedagang lokal berpadu dengan ramainya pasar tradisional.

Dengan area cakupan luas meliputi wilayah konservasi penyu hijau, wilayah lahan pertanian, daerah wisata, dan pelestarian hutan cemara.

Pasar tradisional, wisata pantai, outbond, camping ground, ruang pertemuan, atv, wisata offroad gumukpasir, kuliner, dan cinderamata.

Dengan dukungan fasilitas publik yang lengkap dan terus berkembang. Fasilitas publik seperti MCK, kantor sekretariat, kantor keamanan, posko SAR, rumah ibadah, pos kesehatan juga tersedia. 

GoaCemara menempati peringkat teratas dalam pelayanan wisata publik, dengan berbagai kelengkapannya.

Homestay atau penginapan sementara masih di dalam wilayah pedesaan, berbaur dengan warga di dusun Patihan. Kedepan pembangunan infrastruktur masih terus berlangsung dan tetap mengutamakan pelayanan publik.

Tempat Parkir

Taman parkir terluas di jajaran wisata pantai Jogja-Jateng, terpadu satu pintu, sanggup menampung ratusan bus dan atau kereta wisata dan kendaraan pribadi. Menjadi alternatif untuk acara komunitas otomotif seperti event club otomotif maupun jambore nasional. Berada tepat disisi Jalur Lintas Selatan Jawa, memungkinkan untuk konvoi tanpa mengganggu aktifitas pengguna jalan yang lain.

Tiket Masuk Pantai Goa Cemara 2018

Tiket masuk Pantai Goa Cemara diambil pada pos retribusi terpadu dari dinas pariwisata. Terletak di tiga titik masuk yakni Jalan Samas, Jalan Pandansimo dan Jalan Pandansari. Ditetapkan tiket masuk Pantai Goa Cemara 2018 adalah Rp 5.750,- terhitung murah karena tiket terpadu untuk ke wilayah di sekitarnya juga seperti Pantai Pandansari, Pantai Baru, Pantai Kuwaru, Samas dan sebagainya.

kirab budaya goa cemaraLayak disebut sebagai kawasan wisata keluarga dan komunitas. Tersedia banyak aula pertemuan dan blok outdoor teduh di bawah rindangnya pohon cemara, cocok untuk kegiatan komunitas seperti outbond, camping, ataupun sekedar piknik keluarga.

Pantai ini juga menjadi satu-satunya pantai yang mampu menampung puluhan ribu pengunjung dalam satu waktu. Sehingga tak ada ketakutan pantai menjadi terlalu sesak untuk rombongan wisatawan yang datang.

Goa Cemara adalah zona bebas narkoba dan minuman keras, termasuk alur perdagangan yang berpotensi ke arah itu. Bar, karaoke, diskotik dan penginapan tidak diijinkan di Kawasan Wisata Goa Cemara. Penginapan terbatas pada homestay di lingkungan pemukiman penduduk dengan ketentuan berlaku.

Suguhan wisata budaya lokal yang berbeda dan berkesinambungan, disajikan oleh penduduk sekitar dan didukung oleh Pemerintah Daerah. Hampir setiap Minggu selalu ada perform pentas budaya, mulai dari tari, mocopat, jathilan, reog, campursari hingga pertunjukan wayang kulit.

Lebih dari 80% area wisata adalah kawasan konservasi cemara udang, jadi bisa dipastikan Anda tetap akan mendapatkan tempat teduh meskipun ribuan pengunjung memasuki area Goa Cemara. Konservasi ini terus berlangsung, mengingat cemara udang ada batas usia maksimal. Pengunjung dapat berpartisipasi dalam penanaman pohon cemara udang di kawasan pantai. 

Jip Wisata Goa Cemara

Hal menarik di Pantai Goa Cemara adalah adanya jip wisata jelajah pesisir. Alternatif pecinta adventure untuk menjelajahi sepanjang pesisir selatan serta pegunungan kidul dengan kendaraan 4×4. Jip wisata ini menjadi pilihan selain jip wisata Merapi yang terkenal dengan Lava Tour Merapi.  Selain memang menyuguhkan track berbeda, jip wisata GoaCemara juga satu-satunya di Indonesia yang melintasi jajaran gumuk pasir. Dengan track yang beragam dan panjang, pengunjung dimanjakan oleh view dari seluruh obyek wisata pesisir dan pegunungan kidul dalam satu paket wisata.

Wisata Offroad Gumukpasir, adalah satu-satunya wisata adventure dengan track gumuk pasir terpanjang se Indonesia, bahkan se Asia Tenggara. Sensasi berkendara yang sangat berbeda karena memang gumuk pasir hanya ada di pantai selatan Jogja dan Jateng.

Bagi Anda yang berkunjung ke GoaCemara, disarankan tidak perlu membawa bekal berlebihan karena disini hampir semua kebutuhan wisatawan disediakan.